Selasa, 17 Januari 2012

Pantai Soka



Pantai Soka

Pantai Soka terletak di Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan. Obyek wisata ini berada dipinggir ruas jalan utama Denpasar – Gilimanuk. Jarak tempuh kelokasi pantai ini sekitar 56 Km dari Denpasar dan kurang lebih 75 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dari Bandara Ngurah Rai Bali.
Pantai Sokamemiliki pemandangan yang indah dan menawan. Pada bagian timur pantai ini akan terlihat Gunung Agung sedangkan disebelah barat pantai terbentang kebun kelapa dan hamparan persawahan yang tertata rapi dengan gugusan perbukitan dan Gunung Batukaru yang mempesona,dipantai ini terdapat sebuah goa yang berada ditebing batu karang yang dinamakan goa Bulung Daya yang dihuni oleh ribuan burung walet.
Selain itu dipantai ini juga terdapat sebuah batu karang dikelilingi pasir dan air laut, berukuran lebih kurang 3 m, disebut "Payuk Kebo Iwa." sementara disebelah baratnya, terdapat batu karang yang persis seperti dapur penduduk asli, berukuran lebih kurang 1 x 20 m.
Tidak jauh dari kawasan wisata ini terdapat Pura Luhur Serijong yang dibangun hampir bersamaan dengan Pura Rambut Siwi di Jembrana dan Pura Tanah Lot yakni pada abad ke XVI Masehi oleh Pedanda Sakti Bawu Rauh. Pada hari raya dan bulan penuh (Purnama) pantai ini selalu dipadati oleh pengunjung dan umat Hindu yang akan melaksanakan upacara keagamaan.
Menurut masyarakat setempat Pantai Soka menyimpan banyak cerita, konon didaerah pantai ini dahulunya terdapat seorang pemuda Bali berbadan tinggi besar, gagah dan sakti mandraguna Kebo Iwa namanya. Saking saktinya dia memanfaatkan pantai ini sebagai dapur dan batu karang di Pantai Soka yang bentuknya menyerupai periuk itu adalah tempat dia untuk memasak.
Masyarakat sekitar bermata pencaharian sebagai Petani dan nelayan, ini bisa terlihat dari banyaknya sawah dan perahu tradisional (jukung) yang berada di kawasan pantai.
Bagi para pengunjung yang senang memancing dapat menyewa perahu pada nelayan setempat, selain itu juga dipantai ini terdapat fasilitas tempat parkir, bungalowdan warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman.

 

Soka Indah Restaurant menyediakan banyak sekali pilihan menu makanan maupun miuman. Mulai dari masakan khas Indonesia seperti Sate Ayam, Gado – Gado, dan Nasi Goreng sampai masakan khas barat seperti Fresh Garden Salad dan Black Peper Beef. Bagi anda penggemar masakah sea-food dan chinese food, restaurant murah di Tabanan ini juga menyediakan menu makanan sebagai berikut : Ikan Goreng / Bakar , Fuyung Hay , dan Cap Cay. Haus seusai menikmati menu – menu diatas? Tidak ada salahnya untuk mencoba Es Dawet / Es Burjo yang sangat segar atau Fruit Coktail yang akan membuat tenggorokan anda menjadi segar kembali. Tak perlu khawatir kantong menjadi kering, karena pengelola Soka Indah Restaurant disini telah mematok harga – harga yang relatif cukup terjangkau. Sehingga banyak yang mengatakan jika Soka Indah Restaurant merupakan salah satu restaurant murah di Tabanan. Harga paket – paket menu makanan yang disediakan disini berkisar mulai dari harga Rp 11.000, - sampai yang paling mahal yakni Rp 76.000,- untuk masakan barat.

Seusai menikmati hidangan yang sangat lezat di Soka Indah Restarurant, kita dapat beristirahat di Soka Indah Bungalow. Soka Indah Bungalow merupakan tempat menginap yang letaknya berada di bibir Pantai Soka. View nya yang langsung menghadap ke pantai menjadi salah satu kelebihan dari bungalow ini. Harga sewa kamar di Soka Indah Bungalow sangatlah terjangkau, yakni mulai dari 200.000 sampai 400.000 ribu / malam. Selain itu di dekat Soka Indah Restaurant juga terdapat sebuah wisata kegiatan alam yakni Soka Adventure Park. Soka Adventure Park menyediakan berbagai macam wahana permainan yang tentunya akan memacu adrenalin anda. Jika kata datang bersama rombongan yang minimal 20 orang, anda hanya cukup membayar 75.000 ribu untuk dapat menikmati wahana permainan seperti : Ice Breaking, Bambo Goyang, Pipe and Ball, Tongkat Ajaib, Flying Fox, dan ATV/Mini Motor Trail. Dan jangan lupa juga menyempatkan diri anda untuk berbelanja di Soka Indah Mart and Soka Indah Art Shop Galery. Soka Indah Mart dan Soka Indah Art Shop Galery menyediakan kebutuhan wisata mulai dari makanan ringan/snack, berbagai macam minuman, pakainan dan oleh-oleh khas Bali. Bagaimana? Tertarik mengunjungi salah satu restaurant murah di Tabanan ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar